5 Langkah Mudah Menolong Orang Yang Pingsan Mendadak

Berita Terupdate - Apa yang akan anda lakukan ketika tiba - tiba teman atau rekan anda mendadak pingsan. Satu hal yang pasti, anda mungkin akan merasa sangat panik dan bingung bagaimana akan menolong teman atau rekan anda. Sangat wajar memang, tapi ada baiknya anda tetap tenang sambil memikirkan pertolongan apa yang akan anda lakukan.


Nah, jika anda mengalami kondisi seperti ini, coba lakukan beberapa langkah berikut ini untuk menolong orang yang pingsan tersebut :

1. Longgarkan pakaiannya
Jika pakaian yang dipakai korban terlalu ketat, maka kamu bisa mengendurkannya agar darahnya dapat mudah mengalir, dan bernapas dengan lega.

2. Jangan bergerombol
Sering kali orang-orang akan bergerombol ketika melihat seseorang jatuh pingsan. Sebaiknya hal itu dihindari karena jika orang-orang bergerombol aka membuat korban menjadi susah mendapatkan udara yang segar.

3. Menggunakan bau-bauan
Untuk mengembalikan kesadaran seseorang, kamu dapat menggunakan bau-bauan yang menyengat dan merangsang seperti minyak wangi, minyak kenyong-nyong, minyak kayu putih, dan masih banyak lagi.

4. Topang tubuh mereka
Jika wajah orang yang pingsan tersebut menjadi pucat, maka hal yang harus kamu lakukan adalah menopang tubuhnya dan buat tubuhnya lebih tinggi dari kepala, sanggahlah dengan sesuatu, agar daranya bisa mengalir ke kepala.

5. Minuman manis
Jika orang tersebut sudah siuman atau sadar, maka berilah dia air gula atau teh, namun jika orang tersebut terkena penyakit diabetes, makan jangan di beri gula.

Demikianlah beberapa tips menolong orang pingsan yang bisa anda lakukan. Jika masih belum sadar juga, sebaiknya segera minta pertolongan pada orang lain / petugas medis terdekat. Semoga bermanfaat..

Comments

Popular posts from this blog

Anda Merasa Jelek? Coba Lakukan Tips Unik Berikut Agar Anda Bisa Percaya Diri

Ingin Temukan Cinta Sejati? Kamu Harus Lewati 5 Tahapan Ini Dulu

Kema4luannya Dipukul Martil Besar, Pria Ini Tidak Terluka Sedikit Pun