Jangan Ambil Lagi Makanan Yang Jatuh Walaupun Baru 5 Detik, Ini Lho Bahayanya

Berita Terupdate - Apa yang akan anda lakukan ketika sedang makan kemudian makanan yang anda pegang terjatuh ke lantai? Anda mungkin akan membuangnya atau akan mengambilnya kembali. Tapi kebanyakan orang ketika mengalami hal ini, umumnya mereka akan mengambil kembali makanan tersebut. Alasanya sangat simpel, baru sebentar jatuh, jadi pasti akan aman ketika dimakan kembali.

Jangan Ambil Lagi Makanan Yang Jatuh Walau Baru 5 Detik, Ini Lho Bahayanya
Eit, tunggu dulu. Jangan asal makan kembali makanan yang terjatuh tersebut. Walaupun hanya 5 detik, menurut beberapa ahli, makanan tersebut bisa memberi dampak negatif pada tubuh anda.

Seperti yang blog ini lansir dari sciencealert, bakteri kotor akan berpindah pada tubuh kita di bawah satu detik melalui makanan yang terjatuh.

Menurut Donal Schaffner, seorang peneliti dari Rutgers University, Amerika Serikat, mengatakan, "Banyak yang mengatakan makanan yang jatuh di lantai lalu diambil secara cepat masih aman dikonsumsi karena membutuhkan waktu untuk bakteri sampai ke tubuh kita. Dari situlah kami memutuskan untuk menguji topik tersebut menggunakan ilmu pengetahuan," ujar Donald Schaffner, anggota penelitian dari Rutgers University, Amerika Serikat.

Tim peneliti memilih empat jenis permukaan antara lain stainless steel, keramik, kayu, serta karpet. Serta memilih beberapa makanan yang berbeda untuk dijatuhkan ke atas permukaan tersebut. Makanan tersebut seperti semangka, roti, serta permen.

Setelah makanan dijatuhkan, mereka dibiarkan di atas lantai selama satu detik, lima detik, 30 detik, serta 300 detik.

Tim menemukan faktor terbesar bakteri masuk ke dalam tubuh ialah jumlah kadar air dari makanan, diikuti dengan jenis permukaan. Bakteri tidak ragu-ragu mentransfer diri. Semakin lama makanan berada di atas lantai, semakin bakteri menemukan jalan cepat ke dalam tubuh.

Donal Schaffner menambahkan, "Bakteri masuk ke dalam tubuh dari permukaan yang lembap saat makanan tersebut terjatuh. Bakteri tidak memiliki kaki, mereka bergerak dengan kelembapan , makanan basah semakin tinggi berisiko,"

Nah, berdasar informasi diatas, jangan lagi - lagi anda mengambil kemudia makan kembali makanan yang sudah jatuh karena bakteri mudah menempel dan bisa membahayakan kesehatan tubuh di kemudian hari.

Popular posts from this blog

Anda Merasa Jelek? Coba Lakukan Tips Unik Berikut Agar Anda Bisa Percaya Diri

Ingin Temukan Cinta Sejati? Kamu Harus Lewati 5 Tahapan Ini Dulu

Kema4luannya Dipukul Martil Besar, Pria Ini Tidak Terluka Sedikit Pun