Wow, Fenomena 3 Matahari Terjadi Di Rusia

Berita Terupdate - Pada pertengahan Januari lalu, sebuah fenomena aneh terjadi di Rusia. Seorang warga melihat penampakan 3 matahari sehingga berinisiatif merekam penampakan langka tersebut. Kemunculan fenomena ini sempat membuat warga ketakutan, namun mereka juga tidak melewatkan kesempatn tersebut untuk melihatnya.

Seperti yang dikutip dari Video Newsflare (18/3/2016) dijelaskan bahwa fenomena unik munculnya 3 matahari tersebut sangat langka dan hanya dapat terjadi pada musim dingin saja, terutama ketika kristal - kristal es berada di atmosfer.

Wow, Fenomena 3 Matahari Terjadi Di Rusia

Fenomena kemunculan 3 matahari ini tidak bisa diprediksi kapan terjadi lagi. Akan tetapi, penampakan langka tersebut bisa terjadi beberapa kali selama musim dingin, asalkan semua kriterianya terpenuhi.

Sebuah laman dari University of Illonois juga menjelaskan secara ilmiah tentang munculnya matahri palsu itu, yang lebih sering dikenal dengan istilah Parhelia. Disitu dijelaskan, parhelia merupakan titik berwarna cerah , baik dari satu sisi taupun dua sisi matahari. Kondisi ini terjadi ketika sinar matahri dibelokkan oleh kristal - kristal es gepeng bersegi enam (heksagonal) mendatar yang berukuran lebih dari 30 mikrometer.

Matahari palsu ini terlihat ketika matahari berada di dekat ufuk dan pada bidang mendatar yang sama dengan seorang pengamat serta kristal - kristal es di atmosfer. Kronologisnya, ketika sinar matahri melintasi kristal es, cahaya tersebu dibelokkan 22 derajat sebelum tiba dimata kita, kondisi inilah yang membuat seakan - kita terlihat ada beberapa matahari.

Kemunculan matahari palsu sempat membuat takut beberapa orang, namun fenomena ini juga mnejadi pemandangan yang begitu indah untuk dilihat.

Popular posts from this blog

Anda Merasa Jelek? Coba Lakukan Tips Unik Berikut Agar Anda Bisa Percaya Diri

Kema4luannya Dipukul Martil Besar, Pria Ini Tidak Terluka Sedikit Pun

Ingin Temukan Cinta Sejati? Kamu Harus Lewati 5 Tahapan Ini Dulu