Ini Lho 4 Nama Indonesia Sebelum Bernama Indonesia

Berita Terupdate - Bicara mengenai sejarah, negara tempat kita tinggal ini sarat akan sejarah. Ya, bagaimana tidak,  sejak ratusan tahun lalu negara kita sudah dijajah bangsa lain. Mulai portugis, jepang hingga belanda datang silih berganti untuk mengeruk kekayaan indonesia. Belum lagi perjuangan para pahlawan kita dalam melawan penjajahan itu, hingga kita bisa bebas dan merdeka seperti sekarang ini, masih bisa kita baca sejarahnya di banyak buku pengetahuan.

Ini Lho 4 Nama Indonesia Sebelum Bernama Indonesia

Tapi tahukah anda, Indonesia nama negara yang kita pakai sekarang ternyata bukan nama pertama pertama kali. Kata Indonesia sendiri untuk menyebut Negara Indonesia pertama kali diucapkan oleh James Richardson Logan pada tahun 1869 di dalam buku karangannya yang berjudul "The Indian Archipelago an Eastern Asia" yang terbit dalam Journal Of The Asiatic Society Of Bengal (1849 - 1859). Kata indonesia sendiri berasal dari kata "indo" dan "Nesie", yang dalam bahasa yunani berarti kepulauan hindai.

Nah, pada masa colonial dulu (sebelum bernama indonesia), Bangsa - bangsa asing yang datang menjajah memberi nama atau sebutan bagi negara ini, dan berikut ini adalah diantaranya :

1. Hindia
Nama Hindia ini merupakan ciptaan dari Herodotus, seorang ahli ilmu sejarah yang berkebangsaan yunani (484 - 42m SM). Herodotus adalah bapak ilmu pengetahuan sejarah yang sudah diakui diseluruh dunia.

2.  Nederlandsch Indie
Nama selanjutnya adalah Nederlandsch Indie, ini pertama kali disebut oleh Cournelis De Houtman, seorang pelaut belkamu yang berkuasa di Indonesia. Seperti yang tertulis dalam sejarah, beliau merupakan bangsawan Belkamu yang pertama kali memimpin pasukannya untuk masuk ke Indonesia di tahun 1596.

3. Insulinde
Nama ini pertama kali disebut oleh Eduard Douwes Dekker atau dikenal juga Multatuli di dalam bukunya yang berjudul Max haveelar pada tahun 1860. Nama ini dibuat karena Multatuli merasa jijik mendengar nama Nederlandch Indie yang diberikan Belkamu. Kata insulinde sendiri tersusun dari kata "insulair, Insula, dan Indus yang dalam bahasa latin Insula berarti hindia, sedangkan Insilinde berarti pulau Hindia.

4. The Malay Archipelago
Nah, untuk nama yang terakhir ini diciptakan oleh Alfred Russel Wallace pada tahun 1869, sesudah beliau mnegadakan lawatan ke negara kita, dari tahun 1854 sampai 1862. The malay Archipelago sendiri berasal dari kata  "malay" yang artinya melayu dan "Archipel" yang berasal dari bahasa yunani "archipelagus" (dari asal Archi : memerintah, dan Plagus : Laut). Dengan demikian The Malay Archipelago Mempunyai arti menguasai laut atau berarti juga kumpulan pulau - pulau melayu.

Nah, sudah tahu kan? Itulah nama - nama indonesia sebelum bernama Indonesia yang sekarang. Semoga bisa menambah pengetahuan anda, ya.

Popular posts from this blog

Anda Merasa Jelek? Coba Lakukan Tips Unik Berikut Agar Anda Bisa Percaya Diri

Kema4luannya Dipukul Martil Besar, Pria Ini Tidak Terluka Sedikit Pun

Ingin Temukan Cinta Sejati? Kamu Harus Lewati 5 Tahapan Ini Dulu