Gunung Uhud, Gunung Di Dunia Yang Juga Ada Di Syurga

Berita terupdate - Gunung uhud, anda mungkin masih belum mengetahui gunung yang satu ini. Gunung yang mempunyai sejarah di jaman Rasulullah ini dan berada di dekat masjid Nabawi ini dan merupakan gunung yang tidak biasa karena nantinya gunung ini akan kita jumpai lagi kelak di surga.


Pada jaman Rasulullah, gunung ini menjadi saksi terjadinya perang hebat antara kaum muslimin dengan golongan kafir Quraisy Makkah. Perang tersebut akhirnya dikenal sebagai perang uhud. Perang tersebut terjadi sekitar tanggal 23 maret tahun 625 Masehi atau bertepatan dengan 15 Syawal 3 Hijriyah. Perang uhud merupakan perang spiritual dan politik yang sebenarnya. Gunung ini menjadi saksi dimana kaum muslimin yang hanya berjumlah 700 orang dengan gagah berani melawan kaum kafir yang jumlah mencapau 3000 orang. Dan di dalam gunung tersebut, terdapat gua yang menjadi tempat persembunyian Rasulullah SAW untuk mengelabui lawannya.

Gunung ini terletak tidak jauh dari masjid Nabawi, hanya sekitar 7 kilometer dan mempunyai ketinggian 1.077 meter. Gunung uhud ini tidaklah berwarna hijau seperti kebanyakan gunung lainnya, tetapi gunung ini malah berwarna coklat tua.

Rasulullah SAW sendiri tak henti - hentinya menceritakan keistimewaan gunung uhud ini pada umatnya. Dalam sejarah Islam, Gunung Uhud atau yang dikenal sebagai Jabal Uhud sangat sarat akan histori. Seperti yang disebutkan diatas, gunung ini menjadi saksi bisu perjuangan nabi Muhammad SAW serta para sahabatnya melawan kafir quraisy dalam perang Uhud.

Dalam sebuah hadist, Rasulullah pernah bersabda, "barang siapa dari kaum muslimin yang pernah melihatnya di dunia, insyaAllah bisa melihatnya kembali di surga."

"Bukit Uhud adalahsalah satu dari bukit - bukit yang ada di surga." ( H.R Bukhari )

Dari Anas bin Malik R.A, Rasulullah bersabda, " Sesungguhnya Uhud adalah satu gunung yang mencintai kami dan kami juga mencintainya." (H.R Bukhari dan Muslim)

Penduduk Madinah menjuluki gunung tersebut dengan sebutan Uhud karena Uhud (dari kata ahad ) yang artinya gunung menyendiri. Gunung ini berdiri tanpa bersambungan, sehingga jika ada gunung di sekitar daerah tersebut mengalami gangguan, maka tidak akan berpengaruh terhadap gunung Uhud. 

Subhanallah, itulah bukti kebesaran Allah

Popular posts from this blog

Anda Merasa Jelek? Coba Lakukan Tips Unik Berikut Agar Anda Bisa Percaya Diri

Kema4luannya Dipukul Martil Besar, Pria Ini Tidak Terluka Sedikit Pun

Ingin Temukan Cinta Sejati? Kamu Harus Lewati 5 Tahapan Ini Dulu